Maret 15, 2013

Di Romusha dengan Manis

Temen gue dari Jepang yang namanya mirip maskot setannya Jepang; Asako bakal datang lagi ke Bali buat ngerayain Nyepi bareng. Setelah beberapa kali ber e-mail-emai lan gak nyambung (keterbatasan bahasa) akhirnya di e-mail terakhir gue menyatakan kesanggupan menjemput dia di airport dengan catatan:

- Dia harus bawa backpack instead of travel bag segede bagong
- Kaga bole bawa banyak barang
- Mesti pakai celana bukan skirt
- Gue jemput pakai motor bukan mobil (gue suka histeris kalau disuruh ke bandara pakai mobil, disamping gue kagak bisa nyetir, gue benci macetnya jalanan kesono)

Dengan berbekal flight numbernya, berangkatlah gue ke Airport pada hari Sabtu nan terik. Ini kali ketiga gue ke airport (sendiri pulak). Yang pertama gue cuma gelayutan di pagar besi bandara liatin pesawat parkir (itu waktu gue masih umur 5 taon). Yang kedua gue nganterin paman yang mau berangkat ke Amrik. Yang ketiga ya sekarang ini. Gue emang gak pernah naik pesawat, kalau liat sih sering apalagi melambai-lambai gitu ngarep ada yang ngejatuhin sesuatu dari atas.
Awalnya gue bingung sama situasi bandara Ngurah Rai sekarang; change a lot. Untungnya emak gue gigih menyekolahkan gue sehingga gue bisa baca tulis at least. Dengan bermodal pengetahuan membaca, gue mengikuti petunjuk arah yang ada. Yes.....gue temukan International Arrival bertepatan dengan landingnya pesawat kutukupret itu. Saatnya menanti.

10 menit kemudian : gue haus, gak berani pergi.

20 menit kemudian : Sialan, mestinya tadi bawa air lebih. Ini udah dehidrasi tapi si sipit itu belum muncul juga.

30 menit kemudian : Wah.....jangan-jangan mahluk itu nyangkut di baling-baling pesawat.

1 jam kemudian : Gue ngegembel.

Eits....gue baru nyadar ada 2 pintu keluar. Gue berdiri di dekat pintu kiri. Tapi.....kalau dia keluar lewat pintu kanan kan tetep ja bisa gue liat. Haduh.....gue ganti posisi saja, pindah ke tengah. Lagian disini kagak ada yang bisa dikecengin, pada jemek semua muka orang-orang travel and hotel nungguin tamunya.


1.5 jam kemudian : Ada SMS masuk

"Hi, saya sudah di Kuta, massage mau ikut upacara besok bagaimana cara?"

Satu kata mutiara yang gue ucapkan setelah membacanya adalah : HARAKIRI!

Dan satu hal yang cepat-cepat gue lakukan adalah............beli minum. Sebenarnya gak rela juga belanja di bandara, tapi apa boleh buat.

"Pak, teh sosro yang kotak kecil satu."
"Ini mbak."
"Berapa?"
"Sepuluh ribu"
"Inna lillahi"

Tampang gue udah pengen bunuh orang aja. Udah ditungguin ampe kelaparan and kehausan eh dianya kabur. Sambil ngedumel gue hubungi kakak sepupu gue buat nganterin ke lokasi massage nya si Jepang itu. Dia mah rela aja bantuin dan jemput gue di bandara, secara dia yang bertanggung jawab telah mengenalkan syaiton itu ke gue.
Belum selesai memaki-maki hape gue, ada gitu beberapa supir taxi yang nawarin gue tumpangan even gue dibuntuti. Helah....gue bawa motor kale bukan baru turun dari pesawat. Tapi diliat-liat dandanan gue emang mirip sama passenger gitu, apalagi gue bawa bagpack, pantes dah. Terus kenapa hanya supir taxi??? Gak ada gitu pria keren yang nawarin hatinya.

Dari jaman bemo ampe jaman automatic car sekarang ini, gue gak pernah suka pergi ke Kuta. Sampai-sampai gue gak hafal jalanan disana, mungkin orang luar Bali yang lebih hafal ketimbang gue. Jalan kecil, parkir awut-awutan, macetnya jubileee. Di Kuta mah kita musti jadi wild rider. Jalan macet, trotoar pun jadi. Jalan tikus ada banyak, sayangnya jalan manusia yang sedikit. Kaki gue itu cetek banget, jadi gak pede kalo dipakai ber-wild riding gitu, salah-salah gue nyumprit di trotoar. Ya udin, gue kepanasan, kehausan di tengah macetnya jalan. Dan begitu menemukan dia di suatu SPA gue cuma bisa ngasi pandangan nanar while dia sibuk ber sorry-sorry ria.

Asako : Sorry
Gue : (niatnya kasi tatapan nanar apa daya jadinya tatapan sadis)
Asako : Marah ya?
Gue : Gak. Capek u know
Asako : Sorry. Tadi keluar, tidak lihat. Banyak people, confuse. Taxi driver banyak tanya, so ikut.
Gue : (duile bahasanya masih aje belepotan. Setengah Inggris setengah bahasa. Mana dua-duanya ngaco lagi)
: Tadi pas keluar lewat right or left?
Asako : Right
Gue : Pantes. U know I mushroom-an nunggu. Hungry, thirsty, no berani where-where, eh u pergi. (gini dah kebanyakan gaul sama dia, gue mengalami degradasi bahasa)
Asako : Sorry.......lapar ya. Sebentar makan, special for u
Gue : Bagus lah

Karena itu SPA adeeeeemmmmm banget, jadi gue putusin buat leyeh-leyeh bentar sambil nungguin dia selesau meni pedi. Gue sedang mengademkan otak, hati dan badan ketika gue mendengar percakapan yang bikin gue mirip kartun-kartun Jepang yang ada gambar keringat muncul di kening.

Staff 1 : 5 bulan lagi
Asako : (ngitungin jarinya)
Staff 1 : 5 bulan lagi mau .......operasi tuh bahasa Inggrisnya ape ye? (nanya temen sebelahnya)
Staff 2 : Operation
Staff 1 : Ya....operation
Asako : (bingung: mode on)
Gue : (muncul satu gambar keringat)
Staff 1 : Karena sudah umur, sudah tua jadi melahirkan operation. Insyallah.
Asako : (nyengir galau tanda tak paham)
Staff 1 : Doakan ya selamat.Asako cari pacar ya.
Asako : Eih......
Staff : Mau sama kakak saya?
Gue : (dua gambar keringat muncul)
Asako : (tambah nyengir)
Staff : Nanti jadi iparnya saya. Uh...dia cakep.....handsome, baik...
Gue : (berapa seh tukang massage ini digaji buat ngebacot begitu?)

Belakangan baru gue tahu kalau barang si Jepang ini kuabeh. Backpack udah segede bagong masih belum cukup. Tas jinjingnya ada 3 jenis. Busyetttt.....mana gue disuruh sekalian nganterin belanja ke Carrefour yang luasnya selapangan bola. Terus malemnya nongkrongin abang penjual nasi goreng buat dia. Terusnya lagi nasi gorengnya kagak dimakan, makanya jam 2 pagi gue sarapan nasi goreng karena kelaparan. Ini mah namanya gue di Romusha dengan manis. Tau gitu gue suruh dia berangkat sendiri ke rumah. Ini bayarannya mahal. Dia kudu jadi sponsor gue in case gue mau bikin Visa Jepang. Masa udah gempor begini cuma dapet snack beras. Gue kan pamrih, harus lebih lah dapetnya. Kan gue udah ngedesign liburannya kali ini bakal berkesan karena banyak event unik yang akan dia ikuti, misalnya gue bakal suruh dia ngerasain ngarak ogoh-ogoh. Bakalan exciting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar