Februari 02, 2011

Sinetron Mania

Dipikir-pikir sinetron sekarang ini semakin menjamur sebanyak jamur di pantat gue. Yah....permasalahannya hal itu tidak diikuti oleh kualitas yang cukup bagus bagi perkembangan mental Nusa dan Bangsa. Yang ada kebanyakan bikin pembantu rumah tangga and ibu-ibu RT makin yakin untuk meninggalkan tugas utama mereka di rumah demi sinetron yang endingnya 'ga pernah jelas. Oleh karena itu gue and temen gue merasa perlu prihatin terhadap nasib bangsa kedepannya. Dan atas nama keprihatinan itu kami berencana membuat suatu cerita yang cukup berkualitas untuk nantinya bisa dijadikan patokan oleh para scriptwriter sinetron dalam membuat cerita yang berkualitas dan bisa di ekspor. Referensi kami cukup banyak. Mulai dari dorama Korea, Jepang, film – film Hollywood, Bolywood sampai Baliwood. But and tetapi, kami masih mengalami kesulitan mencari ilham dan inspirasi atas masterpiece kami, sampai suatu ketika...............

Jreng...jreng....pak dut...pak dut.... (nada SMS tengal punya mpok Bobey)

Jule : Bey, punya lagu-lagu baru ga?
Bobey : 'Ga jelas. Ada juga lagu-lagu vampir tapi gue ga tau itu lagu baru o ga'
Jule : Elu emang kagak pernah jelas
Bobey : 'Huaha...ha...ha...sebutkan saja, nanti qcarikan
Jule : Lagunya Pance Pondang sama Cucu Cahyati punya?
Bobey : Behhh.......'ga. Cuma punya Trio Macan 2 album.
Jule : Duh....gw 'ga punya lagu n game.What a boring life
Bobey : Udah sana nyanyi-nyanyi ndiri ato maen ketapel ma adik loe
Jule : Ide loe terlalu brilian. Dunludin na'e
Bobey : Koneksi disini syaiton. Kecuali gw dunludnya di kantor tapi mesti kucing-kucingan ma my extremely stupid boss.
Jule : Lu gawe dimana emangnya?
Bobey : Nah lo.....dari dulu gw gawe di tempat yang sama
Jule : Oh iya, gw agak linglung. Maklum, tulang ikannya nyelip di otak.
Bobey : Lu makan lewat mulut o kuping?
Jule : Mulut lah. Lu pikir gw ubur-ubur
Bobey : Lah...sejak kapan mulut punya saluran ke otak. Gw curiga elu ubur-ubur yang membajak badan temen gw!
Jule : Ow...ow...oww....brarti gw kenyal-kenyal kayak jeli gto dong. Wah..bisa nyengat dong. Oh pantas saja pria pada kabur karena semua tersengat
Bobey : Mandi air panas sana muh
Jule : Lagi bikin. Emang ngefek?
Bobey : Ngefek. Rambut loe bakal rontok, kulit ngelupas jadu lu bisa operasi plastik biar mirip Angelina Jolie
Jule : Aduh, oplas disini kan abal-abal, takutnya gw malah brubah jadi kayak Selena Gomez. Kan bingung juga nantinya.
Bobey : Selena? Prasaan yang namanya Selena anaknya Haji Badrun yang sarap gtu. Lu mau sarap kayak dia?
Jule : Loh......itu kan anak tiri dari istri kedua spupunya bang Tohir.
Bobey : Oh ….....brarti yang suka ngemut-ngemut sandal sambil nyabutin bulu ketek di depan rumah ntu? Kok lu malah pengen jadi orang kayak gtu? Trus anaknya Haji Badrun sapa namanya?
Jule : Loh.............yang suka ngemut sandal itu kan namanya Bobey. Trus Haji Badrun kan mandul, mana je bisa punya anak.
Bobey : Nah otak lu kebelit usus kali pas didalam perut. Haji Badrun 'ga mandul kok. Sapa seh nama anaknya?
Jule : Coba lu gugling sana
Bobey : Nah itu dia......masalahnya. Koneksi gw masih op jadi ane 'ga bisa liat Super Junior hiks.....
Jule : Oalah............ternyata pak Haji anggota Super Junior tah. Huebattttt..........
Bobey : Lho bukannnn... Haji Badrun itu distibutor tunggal susu buat sarapannya Super Junior. Kan dia punya peternakan kambing. Jadi dia ekspor susu kambing gtoooo.
Jule : Oalah....baru tau orang Korea minum susu kambing tapi orang Indo doyan yang 'ga jelas. Kok Pak Haji ga jadi sponsornya Smash? Mestinya yang lokal dong diutamain.
Bobey : Mana je mreka mau. Orang Indo kan suka milih-milih minum anggur yang di injek-injek ama orang yang habis kerja di sawah daripada susu yang keluar setelah kambingnya digoda, terus dipencet-pencet  sama si Somad.
Jule : Elu dah kayak sinetron jaman sekarang. Makin lama makin banyak karakter yang lu keluarin, settingnya 'ga jelas,dari kampung Jawa – kandang kambing – Korea – Sidoarjo. Endingnya pasti si Somad ketuker ma ponakan pembantunya Hugh Jackman waktu kecil.
Bobey : Gw 'ga ada nyebut-nyebut Sidoarjo. Si Somad itu dari Madura.
Jule : Wah...dagang sate dong. Berarti dia masih keluarga sama bang Tohir,dagang sate di kantor.
Bobey : Yah...double job gtu. Dia kalo pagi meres susu. Kalo malem dia jual sate. Dia kan pura-pura cinta ama Zuleha; pewaris tunggalnya Haji Badrun, biar nanti pas nikah si Somad dapat warisannya. Gw baru inget anak pertamanya Haji Badrun namanya Zuleha.
Jule : Zuleha itu kan dah dapet gelar Profesor Doktor, mana je di ketipu ma akal bulus dagang sate gtu.
Bobey : Loh...bukan Zuleha yang Doktor tapi si Jumiati.
Jule : Kok ada Jumiati? Zuleha kan anak tunggalnya pak Haji?
Bobey : Kok anak tunggal? Lha yang suka ngemut sandal waktu kecil itu dah si Jumiati yang sekarang Doktor.
Jule : Elu tuh yang otaknya kebelit cacing emak loe! Jelas-jelas lu bilang Zuleha anak tunggalnya pak Haji. Gini dah writer kejar tayang. Makin terjerumus ke lembah 'ga mutu'
Bobey : Lah kan ketauan waktu mudanya dia selingkuh. Yah waktu jaman-jaman remaja, ABG gtu. 'Ni gara-gara rating naek. Makin aneh dah.
Jule : Padahal Zuleha kan dah punya pacar bule, mana je dia peduli ma tukang goda kambing.
Bobey : Niat amat bikin hidupnya Zuleha bahagia. Mahap mbak, yang kayak gtu 'ga laku di Indonesia. Telenovela mungkin laku. Mbak mending nyari sutradara lain aja.
Jule : Loh....kalo di Indonesia harus bikin cerita yang hepi-hepi coz hidup udah sepet disini. Kalo di Korea laku yang endingnya pada mati semua. Kalo di Jepang laku cerita yang pada bunuh diri beberapa karakternya. Di I ndia laku cerita yang udah dibacok 3 kali masih bisa ngalahin penjahat.
Bobey : K'lo di tempat loe?
Jule : Hmmmmmm......kayaknya laku cerita selingkuh di semak-semak sebelah kuburan wkwkwkwk.....
Bobey : No wonder dah orang-orangnya 11-12 ma elu. Tapi menurut gw endingnya si Zuleha ntu harusnya dikadalin sama Somad yang akhirnya selingkuh ama jandanya si Japar. Jumiati si Doktor, adek tirinya Zuleha, yang masa kecilnya dizolimi sama si Zuleha, dilamar ama bule ganteng pemaen sepak bola gtu.
Jule : 'Ga mau ending Zuleha kayak gtu. Mestinya diceritakan Zuleha ternyata satu-satunya keturunan Keraton Solo yang tersisa dan paling layak didaulat jadi kanjeng ratu gtu.
Bobey : Nah loh... ceritanya jadi kayak Saur Sepuh gtu. Lagian setau gw k'lo keturunan cewek Kraton Solo pas akil baliq dia harus dilarung di laut Selatan untuk jadi abdinya kanjeng Ratu Laut Selatan.
Jule : Kok elu jadi sentimen gtu ma Zuleha! Lu sentimen ma karakternya apa ma gw??? (siap-siap mengasah pisau di rumah tetangga).
Pokoknya Zuleha harus dapat suami cakep n tajir trus setelah nikah dia jadi caleg and dapet gawean di kantor lurah, urusan perijinan. (ijin nikah, ijin selingkuh, ijin maling, ijin korup)
Bobey : Gini aja deh buk. Lu bikin ending ala elu, gw bikin ending ala gw. Nah nanti setelah selesai lu simpen baik-baik ntu naskah jangan ampe bocor ke murid-murid loe, bisa-bisa muncul di headline koran lokal dengan hot title 'Antara Ayamku, Ibu Guruku, dan Sinetron Kejar Tayang' wkwkwkwkwk
Jule :-------------------------------------*********-----------------------------
Bobey : Le......Jule.....loe ngambek??? Sepet amet hidupmu?
Jule : --------------------------------------------------------------
Bobey : I'm sexy syalalalal......My pantat is so seqseh.........dubidubidam....
Jule : Setan dedemit!!!! Turunan setan alas loe!!! Pulsa gw habis gara-gara sinetron ga mutu!!!!!!

Yah gtu deh, hal ikhwal kami bisa membuat script untuk suatu sinetron. Setelah kami simak ulang dan baca 10 kali, kami sadari bahwa cerita kami teramat sangat luar biasa; luar biasa jelimet and 'ga mutunya gtu. Tapi k'lo dipikir-pikir sutradara kan suka cerita yang bisa dipanjang-panjangi and cerita kami open ending kok. Gemana...ada yang mau ngasi endingnya? Menurut kalian Zuleha harus bagaimana and seperti apa di akhir cerita? Bagaimana pula dengan Haji Badrun dan Somad? Dan siapa pula itu si Japar? (asli gw g'a tau siapa karakter ini). Dan siapakah yang pantas memerankan Zuleha? K'lo script ini disetujui produser, pastinya penonton akan cenat-cenut menontonnya 'coz akan ada bintang tamu SM*SH and SUPER JUNIOR sebagai cameo doang!

2 komentar:

  1. si japar ntu suami selingkuhannya si somad. japar kerja di kota trus dia selingkuh makanya cerai ama istranya.

    BalasHapus
  2. oooo pantes.... kayanya gw pernah liat si JAPAR digebukin masa.

    BalasHapus