Februari 27, 2011

Mice of Satan

Hari ini pulang ke rumah dengan kepala tuing-tuing karena 'coming wind' alias masuk angin and mesti ketemu banyak traffic light. Tiba-tiba ingin mengutuk penemu lampu lalu lintas ini. Pas berhenti untuk kesekian kalinya, tiba-tiba ada lagu jadoel,

“Malam minggu malam yang panjang
“Malam yang asik buat buat pacaran.”

Behh........sentimen kali ini warung disebelah. Niatnya bakar ini warung tapi sayang gw gak nemu korek api. Benar-benar lagu yang sesat 'coz sejak gw orok kagak kenal tuh yang namanya malam minggu indah dan asik. Malam minggu gw kalau gak dikejar-kejar petugas keamanan lingkungan ataupun ibu kos, paling juga kejar-kejaran dramatis dikamar kos bareng kecoak atau tikus (what a pathetic girl).

Gw tuh paling benci sama kecoak dan paling geli liat tikus, tapi kenapa hanya 2 binatang itu yang sering wara-wiri di kamar. Coba sekali-kali iguana atau flamingo geto, kan lebih berwarna lah. Dan kenapa juga gw harus selalu jadi tim forensik tiap minggunya untuk mengotopsi jenazah tikus putus asa yang sengaja banget milih mati di kamar. Jadi mikir, yang sentimen itu tikusnya ato takdir gw?

Kemaren udah seneng banget bisa ngabisin malam minggu di kamar kos dengan tenang nonton sinetron kejar tayang gak mutu tanpa harus was-was dikejar-kejar ibu kos atau petugas keamanan, maklum masih tanggal tua. Nah...pas mau ganti baju, gw buka lemari kok.......ada bau-bau tak sedap semriwing gtu. Setelah endus sana endus sini, gw pastikan itu bau dari mahluk yang sudah mati. O.K. Dan berdasarkan pengalaman amatir gw sebagai tim forensik, disinyalir waktu kematian dari mahluk yang sudah suicide di lemari gw adalah seminggu yang lalu. Dari remah kayu yang banyak gw temui, diyakini bahwa yang suicide itu adalah mahluk pengerat; tikus!

You know what I did then? Bikin puisi sendu.

Oh Tuhan
Haruskah kuhadapi ini sekali lagi
dalam kesendirian?
Meratap dalam duka
Menanti suatu uluran tangan
Aku sungguh tak sanggup
Melihat kedukaan ini sekali lagi

Dibalik tumpukan baju
Kau sembunyikan histerisku
Kau kirimkan takutku pada tikus syaiton
Kemarin di WC, sekarang di lemari
Esok entah dimana
Kuharap Kau jangan selalu mengirimkan mimpi buruk
Ingatlah kirimkan uang lewat Western Union.


Setres berat dah gw mikirin apa yang harus dilakukan. Sejam membuat puisi tidak juga memberi ide apapun. Ini kali kedua gw nemu tikus ko'it di kamar. Yang pertama gw temukan floating beautifully di bak kamar mandi. Otomatis pipis gw ngambek seharian. Waktu itu gw perlu waktu 2 jam untuk membereskan si tikus. 1 jam pertama gw gunakan untuk berfikir keras (halah........padahal tinggal diambilin gayung trus dimasukin kresek, buang, udah deh......gak perlu 5 menit mikirin caranya). Setengah jam berikutnya gw habiskan untuk berdoa and menyanyikan yel-yel pembangkit semangat. Setengah jam sisanya beraksi yang entah bagaimana pas lagi melakukan evakuasi dari TV terdengar OST nya Mission Impossible (yah...TV sekarang kan juga suka lebai).
Dan sekarang, gw benar-benar gak mau melakuakn evakuasi sukarela lagi 'coz gw parno liat tikus mati semingguan. Imajinasi horor gw berkembang pesat, pasti si tikus lagi ditemani teman-teman simbiosis parasitismenya, yaitu B-E-L-A-T-U-N-G (arrrrrrrggghhhhhhhhhhhhhhhh.........don't talk about them!!!!!).
Tapi........hati angel gw tidak tahan dengan baunya dan tidak sanggup membiarkan semua ini. Jadi dengan terpaksa gw singkirkan tumpukan baju dari rak pertama. Bersih. No suspect. Cuma baunya masih ajubileee.

O.K, pembersihan rak kedua dimulai. Dari potongan baju pertama dan kedua gw temukan ada banyak remah kayu. Pasti si tikus berusaha melarikan diri but no exit. Langsung gw pakai tindakan siaga dengan menggunakan stick sapu untuk mengevakuasi para baju (demi keamanan). Semakin lama semakin banyak reamh kayu yang gw temukan di tumpukan baju dan beberapa baju sudah hancur digigit. Pikiran horor gw langsung membayangkan seberapa besar tikus ini. Pasti dia sangat besar sehingga bisa menggigigt sebanyak ini. Ohh................gw langsung tutup lemari and gak mau ngelanjutin. Bodo! Biar si adek yang ngebersihin, ini kan bajunya dia! Lagi complicated gtu, gw coba nelponin beberapa orang tapi gak ada yang jawab. Kayaknya pada sekongkol semua. Karena teramat sangat bete dan tidak tersalurkan, langsung gw melakukan kombinasi aksi hanggar, karate dan neplok kecoak sendirian dikamar. Untungnya seh hujan deras di luar jadi gak ada yang sengaja wara-wiri buat nontonin aksi gak jelas gw. Setelah capek gak jelas, gw tiduran sambil nonton sinetron favorit gw. Baju -baju yang sudah di evakuasi terlantar gak jelas dipojokan kamar.

Gw liat adek gw datang. Ada orang lain disebelahnya, entah siapa. For the first time gw bahagia banget liat adek gw dateng. May be this is the only moment I feel I love him somat. Gw histeris cerita soal si tikus dan dia support gw buat memberantas si tikus. Dengan percaya diri gw lempar semua baju-baju di lemari dan gw temukan ada lubang besar di lemari. Uh...pasti ini tikus vampir. Dannnn...........gw temukan jenazah si tikus. Tapi kok dia ada di lantai yah dan kenapa dari badannya ngucur air yah. Bodo! Gw ambil sapu plus sekop trus masukin kresek and buang ke tong sampah. Gw dan si adek tertawa haru berpelukan.

Enak banget tidur setelah masalah beres. Gw bangun dengan sedikit malas. Mau bikin kopi dan makan roti sambil nonton Winnie the Pooh. Gw liatin lemari dengan tersenyum dan eitttsssssssssssss.......wait a minute! Adek gw kan di rumah yang jauhnya 70 km dari sini. Kagak mungkin mahluk bedebah itu rela dateng tengah malem demi tikus. Terus....tikusnya kan di lemari bukan di lantai. O....o.....I've got a beautiful nightmare then. Oh tidak....oh no............oh...damn!!!! Tikusnya masih dilemari. What should I do? Gak bisa! Ini gak bisa dibiarkan! Gw ketua wEwEeP, gak mau dilecehkan oleh tikus (?????????). Gw harus bisa memenangkan perang ini.

Dengan semangat 70-an, gw sisiran, pasang jepit rambut, gosok gigi, cuci muka, minum air putih, ambil kaca mata, matiin lampu di beranda, pasang penutup hidung (almost muka), ambil sapu ijuk dan push up 5 kali. I'm goin into the real battle. Aksi pertama yang gw lakukan adalah menyemprotkan parfum CK asli ke lemari (mumpung punya si adek. Lagian juga gratisan dari si paman). Kedua, gw singkirkan sisa-sisa baju dengan menggunakan stick sapu ijuk. Dan voila.................gw temukan tikusnya. Hampir memfosil. Tuh kan benar, udah lama ko'itnya. Eh.......ternyata gak satu. Ada 3 tikus mati di lemari and all of them were baby mice. Hadohhhhhhhhhh........menyesal selama ini pelihara pikiran horor gini. Mikirnya tikus segede gaban lah, tikus vampir lah, nyatanya tikus mini segede kelingking gw, mana udah layak dimusiumkan lagi. Lagian, emaknya tikus kok iseng banget nyewain anak-anaknya rumah dilemari lantai 2. Pasti dia kemakan iklan yah, dapet di lantai 2 dengan view ini itu, endingnya kagak bisa nemu eskalatornya dimana trus kena busung lapar dah si anak-anak tikus. Ato jangan-jangan mereka itu adalah korban pemerkosaan, anak haram istilahnya. Jadi si ibu sengaja ninggalin anak-anaknya di lemari biar adek gw nemu dan mengasuh mereka sampai dewasa. Pasti emak tikus ini kebanyakan nonton sinetron lebai sekarang (itu elu bukan tikusnya yang lebaiiiiiiiiiiiii!!!!!).

Yak...setengah jam gw habiskan buat bersihin lemari dan bau sedapnya kagak hilang-hilang nok meski udah disemprot berbagai minyak nyong-nyong, malah udah diasepin. Whateverlah. Gw temukan bajunya si adek banyak yang jadi korban si tikus, yah....tidak layak pakai lagi lah. Dan sisa baju gw laundry semua. Males aja pake baju tapi bau kuburan. Tapi...yah..gtu gw gak bisa ganti baju, terpaksa pakai baju yang kemaren dan dengan sangat terpaksa menerima komentar jujur murid gw:

“Bu Guru belum mandi ya? Mana gak ganti baju lagi, jorok banget.”

Terserahlah. Bukan gw kalau gak bisa ngasi jawaban yang bikin murid speechless:

“Minggu depan hapalkan 50 kata kerja dan perubahannya yah.”


Be smart and be cruel!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar