Februari 17, 2011

Bloody Saturday Night

It's February. Some people say that February is a lovely month. Buat gw semua bulan sama aja deritanya, terutama bulan Februari karena tidak lain dan tidak bukan gw bakal diporotin semua orang buat traktiran ultah(mesti yah nraktir-nraktir gtu????). Tapi taon lalu Februari jadi the hardest and saddest month for me. It was the month when my beloved grandpa passed away.
Sebenernya ini kisah sedih di malam minggu, but……u know gw paling ga bisa bikin cerita selain cerita aneh. Genre cerita gw semuanya tengal. Gw mengharapkan air mata or at least terharu membaca cerita ini tapi prasaan gw bilang bakal jadi ga mutu as usual n ngalor ngidul dari Gunung Krakatau sampai Kilimanjaro.
Suatu sabtu siang di tahun 2010 gw melakukan aktivitas sesuai dengan jadwal. Cukup padat jadwal gw hari sabtu sampe ‘berkutu time’ ‘ga sempat. Lagi asik-asik ngajar 2 murid cerewet, tiba-tiba HaPe gw berdering. Ada nama si kunyuk keparat adik gw. Naga-naganya dia mo minta jatah sangu mentang-mentang tanggal muda.
Gw : Hola……
Adek : huaaaaa…………………………………..(nangis lebai ala Nobita)
Gw : Lu ngabisin pulsa cuma untuk bikin telinga gw ambayen?
Adek : huaaaa………………..aaaa….itu….paman sama kakek kecelakaan (diselingi ramainya suara motor di jalan. Kayaknya dia nelpon ditengah prempatan)
Gw : (agak bingung dengan background jalanan noisy)
What??????? U histeris cuma gara-gara ayam kakek celaka? Di opor aja sono!
Adek : Setan! Kakek lu n paman lu kecelakaan!
Gw : Oh….. n then? (cukup plain untuk ukuran mahluk tak berusus)
Adek : Ga tau……..hiks…hikss….hiksss……
Gw : Lha……..ya udin gw cari info dulu. Sono lu pulang aja
Klik…….(telpon ditutup)
Perasan gw jadi ga tenang. Bingung. Satu, dua murid gw udah mulai jambak-jambakan. Dua, gw ga dapet info jelas. Tiga, gw ga punya pulsa buat nelpon (ada seh tapi klo beda operator mahal banget). Empat, ortu murid ga ada di rumah, padahal hari ini jadwal bayar les (hubungannya??????????????????????)
Akhirnya gw telpon kunyuk kecil di rumah mengingat adik gw yang ini pake operator telpon yang sama. Besides, dia dirumah, jadi mungkin punya info lebih sebelum gw memutuskan akan pulang or tetep di big town.
Gw : Halo…..hola…..Koko…what’s up di rumah?
Koko : Haduh……parah ney, aku mo ganti kamen dulu, pusing…..membingungkan….
Gw : Ngemeng epe seh lo…??????? Udah ah buang-buang pulsa saja
Please note kalo gw ini termasuk mahluk yang sangat pelit bahkan untuk keluarga sendiri. Tapi kalo urusannya begini, kayaknya gw harus relakan pulsa seiprit gw buat nelpon nyokap dengan catatan gw bakal minta nyokap nelpon balik…..he…he…….hemat khan!
Gw : Halo……mak……ken….(lom selese ngomong)
Emak : $$$*@$&%#@$##%$$^$#$&^$$33224
Gw : (bengong…….bingung……bedebah semua! Knapa mreka ga blg klo sudah ikut les privat bahasa Planet Krion. Dari tadi cums gw yang ga ngerti. Benar-benar anak tiri gw!)
Emak : $%&##*^$#%% ula#$ng aja
Gw : Kayaknya gw ngarti dikit. Suruh pulang khan……..ya…ya…….
Gw cek durasi pembicaraan……oh no! 3 menit! 3000 ilang dweh. Frustasi dah gw, belon lagi 2 murid gw udah mulai berguling-guling dikolong meja while adik mreka yang paling kecil sibuk nyanyi ‘Selir Hatiku’ didepan cermin sambil bawa sisir. Dannnnn………gw cuekin aja…5 menit lagi bakal bubar dah pergulatan ini.
5 menit kemudian…………..
Murid1 : Ah….dah jam 4 ….mo les Primagama dulu
Murid 2 : Perutq lapar
Murid kecil : Sekarang giliranq Misssssss…….hari ini kita blajar nyanyi lagi yuk…….
Gw : (Ngupil tak peduli. Smua muridq bdebah!)
Akhirnya gw putuskan pulang meski hujan deras. Gw pilih kecepatan motor 40 mendekati 30 km/hour, biar lama nyampe rumah…..males liat cucuran air mata……skalian punya kesempatan menghayalkan apa yang akan gw lakukan nanti. Mudah-mudahan yang nengok banyak yang lajang, jadi smangat dah. (ciri mahluk tak berprasaan. Belum tau kejadian sbenarnya tapi sudah tau apa yang akan dilakukan dirumah ketika para pelayat datang. Jangan pernah melahirkan anak durhaka seperti ini).
Nyampe rumah…….gw liat banyak kursi…..so prediksi gw bener kalo kakek tercinta gw meninggal. Wondering jg knapa mesti dia….kan gw bête ma nenek bukan kakek. Tuhan pasti berusaha melibatkan gw dalam perang kuno lagi dengan nenek. Biasanya kan dibelain kakek…tapi kali ini kayaknya harus berjuang sendiri demi membasmi kejahatan! (at that time nenek gw masih ada tapi sekarang sudah RIP)

18.00 : Gw masuk kamar, ga noleh siapa-sapa apalagi ke tempat jenazah……serem ah…(your beloved grandpa lohhhh…...)

18.10 : Keluar kamar, tengok kakek bentar. Syukur dah dibungkus jadi ga bias liat yee………senangnya hatiku. Dengar-dengar hancur benar tubuh kakekq karna kecelakaan ini. Kalau gini, gw pilih jadi cucu durhaka aja deh.

18.12 : Gw pamitan mo nengok paman di RS

18. 20 : Gw liat paman udah kayak stengah mumi dibalut-balut perban. Katanya patah tulang tangan. Dia bilang mau dibawa ke tukang urut kalo dah baikan. Gw langsung tau paman gw ini dulu lulus keguruan dengan beli ijazah. Patah tulang ke tukang urut, keseleo ke tukang urut, skalian sakit gigi juga ke tukang urut.

19.00 : Gw n adik consult dengan dokter utk merujuk paman ke RS di big town.

19.30 : Nelangsa membujuk paman untuk ke RS yang lebih besar. Dia menolak cuma gara-gara ga bawa sandal jepit. Mestinya yang dia khawatirin itu duit bukan sandal jepit meski dua-duanya sama-sama berakhiran –t.

21.00 : Gw brangkat ke big town bareng Ambulance. Si adek juga nemenin.

21.15 : Gw berspekulasi supir ambulance nya mantar supir mobil jenazah 'coz talk less do more. Even nyupirnya kayak kesetanan tanpa sadar dibelakangnya ada pasien hidup lohhhhhh…….bukan mati….pake acara patah tangan lagi……

22.00 : Nyampe di IRD dan mendapati bahwa IRD itu sama ramenya dengan pasar senggol di malam minggu. Tau gitu kan gw bisa bawa beberapa dagangan, lumayan buat penglaris.

22.05 : Seorang dokter mulai menghampiri paman dan menanyakan beberapa hal. “Sakit pak? Bisa digerak-gerakkan jarinya?”Setelah itu dia ngeloyor pergi ke pasien lain. Pendapat gue: lumayan juga dokter itu dan kayaknya anaknya udah 2.

22.08 : Beberapa co ass mulai mengerubuti jempol paman gw yang cuma luka ringan. Ngarep banget dapet misi berat tapi nyatanya cuma kebagian tugas bersihin jempol kaki. Saat itu gw liat betapa banyaknya sarung tangan yang dipakai dan dibuang. Untuk satu kasus saja mereka bisa memakai lebih dari satu sarung tangan. Gw jadi punya ide untuk mendaur ulang sarung tangan itu menjadi kondom murahan ato gw jual murah ke para tukang masak.

22.10 : Second doctor came and asked the same questions (O.K mungkin para dokter lagi bagi tugas)

22.20 : Third doctor asked the same questions to my uncle and some co ass were still busy talking and analyzing my uncle’s toe. I know it’s quite big but you shouldn’t bother about it!

22.30 : Fourth doctor came and asked the same questions and then he disappeared. What the hell! Tau gitu kan dulu gw cari jurusan kedokteran aja. Gampang tugasnya, cuma nanya pasien, “Sakit Pak? Bisa digerak-gerakkan jarinya? Klo gitu bapak tunggu sebentar yah.” Oh gosh, udah 30 menit gw berdiri tapi mereka ga ada yang melakukan tindakan apapun ke paman kecuali membersihkan jempol kaki.

22.40 : Tindakan baru dilakukan oleh 2 dokter dan kaki gw udah mati rasa while badan gw udah mati gaya. Saat itu juga gw sadari tidak ada dokter-dokter cakep lagi disana. Yang ada cuma keparat-keparat menyebalkan!

23.00 : Gw ambil posisi jongkok tapi 5 menit kemudian diusirin satpam disangka pengemis dramatis. Damn!

24.00 : Tindakan selesai dilakukan tapi katanya harus menunggu beeberapa saat untuk memasang gif.

01.00 : gw menyadari bahwa jurusan kedokteran tidak pernah mendapatkan pengantar kuliah umum ‘Bahasa Indonesia’. Beberapa saat means 5-30 menit. Tapi gw udah sejam lebih nunggu but nothing happened. Setelah gw cek and ricek ternyata dokternya lagi melakukan operasi. Info ini gw dapatkan setelah dilempar dari satu orang ke 3 orang lainnya. Haduh…operasi kan bisa makan waktu berjam-jam. Bilang kek masih lama nunggu kan gw bisa buka rantangan. Secara perut udah kayak mesin cuci lagi beroperasi.

02.20 : Gif mulai dipasang n gw sibuk makan pisang goreng, ngarep ada kopi yang nemenin tapi sayang cuma bawa kopi instant tanpa tau dimana nyari air panas. Sejauh mata memandang cuma ada air kolam butek n air hujan.

03.00 : Semua tindakan beres dilakukan and tinggal masuk ke ruangan. Kata dokter disuruh nunggu seebentar (bih…..udah skeptis gw sama kalimat dokter ini). Katanya perawat lagi menuju kesini.

04.00 : zingggggg……………………gggggggg……..nothing happened selain banyaknya pasien kecelakaan bergelimpaangan. Mungkin perawatnya masih terjebak di daerah perbatasan terlibat konflik senjata.

05.00 : Dokter membanting telpon 'coz perawat ga dateng-dateng while gw udah pasang kuda-kuda buat dorong paman sendiri ke ruangan. The problem is gw ga tau ruangannya dimana. (T_T)

05.30 : Kakak gw udah dalam posisi mau nonjokin orang jika 5 menit lagi tidak ada mahluk berpredikat perawat yang datang.

05.30 : Nyampe diruangan. Gw tau knapa perawat itu lama. Mereka tidur pake gayanya si Meri. Mungkin setelah mereka terima telepon dari dokter, mereka bilang ‘5 menit lagi dok’. Maksudnya 5 menit lagi tidurnya which means 1 jam.

05.32 : Gw baru nyadar kalo gw mesti tidur juga. But where? Berkat pendidikan pramuka yang sempat diterima adik gw, maka dia terlatih untuk segala ituasi. Dia gelar koran di lantai lalu langsung terlelap. Busyet……ada malingpun dia ga bakal tau. Akhirnya gw cuma rebahan sambil ngitungain anak domba yang melompati pagar. Udah 500 anak domba, tapi gw masih semangat ngitunginnya.

08.00 : Bangun buru-buru setelah diusirin perawat tua yang ampun deh gualaknya. Si adek menjulukinya ‘nenek grandong’. Haduh……………….gw kan baru tidur.

Tiba-tiba saja tidur menjadi begitu berharga. Tiap orang yang nelpon and nanya mau dibawain apa, gw cuma bilang bawakanlah obat tidur agar gw bisa tidur tanpa pernah terbangun oleh gangguan apapun. But……Bobey justru bawain Kuku Bima energy drink. Katanya biar gw on terus. Hah…….lu pikir gw dagang sayur tengah malam, harus on tengah malam ampe pagi. Gw justru pengen tidur. Nantilah gw bayar utang tidur pas udah nyampe rumah. (But the fact, gw ga pernah bisa membayar hutang tidur itu karena bulan-bulan selanjutnya terlalu banyak hal-hal tak terduga terjadi, contohnya gw nemu manusia purba yang lupa dimusiumkan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar