Januari 09, 2013

Rice Field Trip

Gue pengen bikin liburannya si Ms. Sadako ini berkesan dan beda dari biasanya. Dia udah sering ke Bali, so gue males aja nunjukin tourism object yang bisa di googling infonya. Apalagi kalo gue ngibul and banyak bacot gak mutu, ketahuan kan. So, gue ajak dia liburan murah meriah ke sawah my grandpa. Liat sawah dan padi-padinya itu udah biasa banget buat pelancong luar negeri. Sepanjang jalan juga bisa liat hamparan padi. Tapi gue mau ngajak dia ngasi makan sapi-sapi yang lagi kelaparan. Setali tiga dolar lah, sapi gue belom makan eh ada bantuan buat disuruh-suruh. Giliran Indonesia sekarang meromusha warga Jepang...yeahhhh......

Benar aja, nyampe disawah dia amazed banget sama suara sapi padahal belum liat sapinya. Kebayang dah dia cuma tau sapi dari gambar majalah dan youtube. Pas udah di depan sapi-sapi tak berdosa itu, dia makin sumringah macam liat air di padang pasir. Kalau gue bisa ke jepang buat liat sakura, gue pastikan gak bakal masang muka sumringah gini, cuma bikin guidenya goyang-goyang pantat. Mumpung orangnya happy and suddenly fall in lap sama sapi-sapi gue, sekalian dah gue suruh kasi makan tumpukan rumput di sebelah. Wuih......langsung disuapin bok kurang digendong aja itu sapi. Iiihhh...tau gitu kan gue suruh bibi gue jangan mandiin ini sapi kemarin, kan lumayan Jeng sadako ini punya kenangan mandiin sapi di sungai.

10 menit kemudian gue udah bosan nungguin dia ngobrol gak jelas sama sapi-sapi (gue aja kagak nyambung sama dia apalagi sapinya). Akhirnya gue ajak dia pindah lokasi ke petak sawah yang lebih tinggi posisinya. Dari tempat itu bakal dapat liat view yang keren banget. Ini tempat favorit gue waktu kecil. Bisa liat laut dan gunung dari satu lokasi sambil duduk di atas sungai yang bening, uuu...hhhhh miss that moment apalagi moment pas nyanyi-nyanyi di tengah sungai entah lagu apa itu, pokoknya gue ngarang aja sambil memandang keindahan alam. Dan gue gak nyadar petani yang lagi kerja di sawah sebelah speechless gitu mandangin gue naked-naked, joget-joget ala video klipnya Dina Mariana trus lagunya itu loh, gak banget.
O.K back to Ms. Sadako. Buat mencapai lokasi ini, kita mesti sedikit climbing. Well, kalau dry season it's fine, tapi kalau habis hujan, nah....pijakannya agak licin. Takut juga gitu ada Sadako dengan rambut tergerai-gerai ngegelinding ke sungai dibawahnya. Setelah gue cek medannya, semua aman, maka gue mulai ajak dia mendaki. Dan sukses sampai di atas. Beneran deh dia happy banget liatnya. Moment indahnya gue tambahin dengan ngajak nyebrangin sungai dalem dengan jembatannya berupa sebatang kayu. Percaya deh di jepang kagak ada jembatan goyang yang bikin galau begini. While kita jalan-jalan, tiba-tiba dia lompat ngedorong gue. Gue langsung panik and pasang kuda-kuda takutnya ada ular.

Gue : What's up....what's up...???? (sambil siaga satu)
Sadako : Itu.....(nunjuk ke sebatang padi)
Gue : gdubragggggggggg.................. Ta'elaaaaa......itu belalang, grasshopper. It's not dangerous. (lagian itu belalang segede upil doang dia takut gemana liat bokapnya belalang)
sadako : Kalau itu....besar sekali (nunjuk ke tempat lain sambil tetep megangin gue)
Gue : Oohhh...itu belalang sembah, bigger.
sadako : Ha??? Apa itu?
Gue : (garuk-garuk pantat, lupa Englishnya belalang sembah. lagian kalo gue inget emang dia ngarti? kagak juga kan. Jadi mikir, moso kagak ada belalang di tempatnya. Haduh....jadi bingung, mungkin gue harus kreatip jelasinnya)
Sadako : (menatap gue penuh tanda tanya)
Gue : (take action nunjuk belalang kecil tadi trus langsung ambil posisi nyembah dia)
Sadako : (mikir -------> belalang besar itu sakral dan dipuja petani)
Gue : (sibuk bikin tanda kombinasi belalang plus sembah sujud)
Sadako : (mikir -----> oh, binatang yang bisa nyembah)
Gue : (take action jalan ala belalang sembah)
Sadako : (mikir--------> anak ini pasti lagi broken heart)
Gue : (cape, pasrah, nyerah. Jadi guide emang susah)
Sadako : Lapar.
Gue : Ehhh.....(mestinya gue yang laper, habis capek gaya). Let's go home.

Dan begitulah The Hobbit and Sadako mengakhiri petualangan hari ini di tengah sawah. Pas nyampe di tebing tempat tadi kami memanjat, gue gak pede sama keamanan jalan turun ini. Setelah gue coba beberapa langkah, emang cukup berbahaya dan bisa-bisa nyemplung ke sungai dibawah sana. Tapi ini satu-satunya jalan pulang. Ya udin, gue yang lead sambil megangin tangannya dia. Di tengah-tengah, kakinya sadako terpeleset dan susah cari pijakan. Bayangan gue dia terguling jatuh nimpa gue, trus kita menggelinding ke sungai, endingnya liburan di tukang urut lagi. Haduh.....masa disiksa tukang urut lagi, baru kemarin habis terbang bebas dari motor dan menghabiskan 2 minggu tidak bisa bergerak, moso sekarang nambah lagi liburan membosankannya. Akhirnya gue suruh dia pegangan di rumput-rumput yang tumbuh disekitar, gue cari pijakan aman, trus mengulurkan tangan buat bantu dia turun sambil ngasi intruksi dimana mesti berpijak dan dengan posisi bagaimana. Pose kami udah mirip cover buku "5 cm" versi turun gunungnya. Dan ternyata ada penontonnya. Bapak-bapak gitu yang mau naik lewat tebing itu, gak jadi moving. Dia taruh bawaannya trus anteng nontonin 2 orang aneh ga bisa-bisa turun. Pas kita udah nyampe dibawah, baru dah dia nanya.

Bapak : Bisa, dik?
Gue : Ya eyalah pak, kan udah dibawah.
Bapak : Ngapain dik?
Gue : Nyari tempat mandi yang romantis dan fantastis

Benar-benar ngos-ngosan kita berasa lari keliling lapangan 5 kali. Gue jadi ikutan lapar. Tiba-tiba si Sadako narik baju gue lagi. Apa lagi sehhh anak ini.

Sadako : Itu orang mandi?
Gue : Iye (emang ga pernah liat orang mandi di sungai apa)
Sadako : eee....lucu
Gue : (apa kata loe lah. Baru satu loe liat, gemana loe liat ibu-ibu yang mandi, pasti loe shock liat mereka pede-pede aja naked, sabunan sambil ngerumpi rempong sambil cebokan)

Asli hari itu gue capek banget. Agak nyesel juga ngajakin anak ini ke tempat begitu. Kalau aja gue tau endingnya gue yang teler, mending gue ajak dia ke pasar. Tinggal dilepas aja, gampang dah. Next time dia harus mandi di sungai, biar bisa giliran gue bilang dia lucu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar