Januari 09, 2013

When a Weird Japanese Meets a Silly Indonesian

Tersebutlah pada suatu awal tahun yang tidak begitu....entahlah, gue mendapat titah dari Yang Mulia My Aunt bahwa tamu agung telah tiba dan sudi kiranya diajak berkeliling. Arrghh.....tidakkkk...masa dia tidur di kamar baru gue dengan bed baru gue, trus gue emeng epe, secara English gue masih apa adanya lha ini tamu agung dari Jepang. Bah....jangan-jangan di Romusha gue. Karena gue baik hati dan demen makan singkong goreng, maka gue jemput lah si Japanese girl yang namanya mirip salah satu kaldu instant keluaran negaranya. Permasalahan dimulai ketika gue menyadari bahwa pelajaran bahasa Jepang yang dulu gue dapatkan di SMA sudah gue petikemaskan dan dikirim ke Recycle Bin. Lalu, si Ms. Japanese ini tidak bisa English dan kemampuan bahasa Indonesianya hanya 30% bisa nego. Imaginasi gue berkembang liar dimana gue tampak berbicara sambil garuk-garuk pantat karena gak nguden sama orang ini.

Gue : Hi......Masako san. Ogenki desu ka?
Masako: Hai.....genki desu. Happy new year.
Gue : Happy new year. Hmm.....Aji no moto to Royco wa genki desu ka?
Masako : Ha???????
Gue : Aji no moto....cup...cup.....you know?
Masako : De???????????
Gue : Forget it. I'll call Suzuki and Yamaha to ask about Aji no moto.
By the way kapan balik ke Jepang?
Masako : (berfikir keras sambil ngitungin jarinya)
3 hari
Gue : Oh 3 hari lagi? Sunday?
Masako : Ya......
Gue : O.K. kemasi bajumu and kita langung ke my home.
Masako : O.K. Ini ada kamus dan oleh-oleh
Gue : Asekkkk.....

While dia kemas-keams, gue baca-baca kamusnya yang lucu banget dengan gambar-gambar anime. Gue coba baca tulisan jepang macam anak 3 tahun belajar baca. Lalu isenglah gue tanya dan ini sumpah iseng banget.
Gue : Sekarang itu 'ima', besok 'ashita'. Nah kalau kemarin?
Masako : Kino
Gue : Ha.....iya..ia....gue inget. Kalau minggu depan?
Masako : Ha? Minggu?
Gue : Depan. Next week.
Maakko : (muka bingung plus bego)
Gue : Sekarang rabu, minggu depan juga rabu. Nah.....rabu depan apa?
Masako : Suiyobi (rabu)
Gue : Bukannnnnn............minggu depan?
Masako : Nichiyobi (minggu)

Haihhh....gue udah mulai frustasi. Gue mangut-mangut aja biar ga rempong.

Akhirnya berangkatla The Hobbit and the Geisha untuk memulai petualangan. Untuk membuat petualagan ini lebih seru, gue akan mengajak dia ke tempat-tempat yang tidak biasa buat dia, yaitu:

1. Pabrik pembuatan uang kepeng
Disini si Geisha sangat hijau matana melihat banyak uang. Mbbok...mbok...uang ini ga bisa dipake lagi ye. Kesannya dia adalah, "Disini banyak uang, kaya yah".
Duile jeng, lu brasa kere amet disono. Ini owner juga dulunya kagak kaya, lu pikir baru brojol dia udah tajir. Eh...si Geisha kagak percaya gue bilangin begitu.

2. My Bedroom

Kamar gue gak isi guci ajaib dari jaman dinasti Han. Kamar gue juga kagak isi lampu anti nyamuk, nothing spesial lah. Satu-satunya yang bikin seru adalah album foto semua family gue. Uhh...moment ini sungguh mengharukan karena dia bilang gue change a lot sejak kecil. Tapi...ada juga moment yang bikin miris gitu.

Geisha: Ehh....kamu cantik.
Gue : (senyum-senyum semriwing)
Geisha : Saya suka lihat muka kamu.
Gue : (Cari kipas angin biar dapat efek India nya)
Geisha : tapi......kenapa tidak punya pacar?
Gue : (lempar kipas angin, ambil golok)
Geisha : Doshite?
Gue : I don't know
Geisha : Hmm...dulu...di college punya?
Gue : Tidak
Geisha : Eeee.....bohong. Senior high school?
Gue : Nope
Geisha : Haaaa.......junior high school?
Gue : Imaseng!!!!
Geisha : Doshite?
Gue : Mungkin aku too beautiful and sweet
Geisha : (bengong sambil menatap gue dari berbagai sisi)
Hmmm.....mungkin karena rambut.
Gue : Hah?
Geisha : Rambut kamu pendek, saya tidak suka lihat. Ini foto rambut kamu panjang, bagus. Suki.
Gue : Ha???? Rambut panjang wavy flying-flying free like lion???? Tidak suka. Seperti ibu-ibu.
Geisha : Tidak. Bagus itu. Aku ingin rambut wavy seperti kamu.
Gue : Aku pengen rambut lurus. Kalo rambut gue kayak elu udah gue panjangin dari kemaren-kemaren.
Geisha : Haa....kita change saja.

Idenya emang bagus tapi enggak banget. Gue seh fine-fine aja diajak tukaran, tapi ntar kalo dia nyadar ternyata kualitas rambut gue kalah bagus sama bulu anjingnya, entar dia nuntut gue. Trus gue bikin topik baru untuk dibicarakan. Topiknya agak serem gitu biar semriwing dikit pas ngobrolnya, kebetulan lagi mendung di luar.

Gue : Di Jepang banyak yang suka suicide yah?
Geisha : Suicide?
Gue : Hmm....bunuh diri, kill your self. Hmmm...go up to high building (sambil peragain orang naik ke gedung. Rempong banget ngobrol begini, cuape gila) and jump (gue lompat) then die (gue pura-pura mati dengan efek kejang-kejang sebelumnya)
Geisha : Oooohh...yes. Orang broken heart, depress go to train and brakkkk.....(nunjukin gaya orang ketabrak kereta).
Gue : Haaaaa........so scarry.
Geisha : Train delay karena orang itu...suicide, it's normal.
Gue : What?????????? It's not normal !!!
Geisha : Nooo...it's normal.
Gue : So....banyak Sadako dong di Jepang?
Geisha : Yeahhhh......Sadako. Di rumah juga ada.
Gue : Idih......so scarry. So, Balinese jarang depress and broken heart yah. Jarang ada suicide.
Geisha : Hai. So depress di Japan. Kerja tidak boleh bicara. Sampai rumah, cape, makan lalu tidur. Every day begitu, so stress.


Ahhh....biar kate koruptornya ngalah-ngalahin nyamuk di kebon gue, biar kate birokrasinya busuknya saingan sama tong sampah di depan, but I love Indonesia dah especially alamnya. Sayangnya gue belon punya kaos I Love Indonesia, justru gue punya I Love Malaysia. Nah loh.......salah siapa?????



Tidak ada komentar:

Posting Komentar