April 22, 2013

Investigasi Kuning

Gara-gara mentimun gue jadi inget sawah kakek gue. Dulu waktu gue masih SD, gue seneng banget ikut ke sawah (buat ngerecokin). Berdiri di tengah padi menghijau dikelilingi burung-burung yang terbang rendah sambil menyanyikan lagu yang takkan bisa ditemukan pada kaset mana pun itu sungguh pengalaman yang seru. Tapi sejak SMA sampai sekarang gue udah jarang nengokin sawah karena sibuk (berselancar di dunia maya). Saking jarangnya maen ke sawah gue bahkan tidak tahu ada banyak perubahan yang sudah terjadi disana.

Sebenarnya ini ceritanya agak-agak, jadi jangan baca ini sambil nyemil. Gue gak inget kapan tepatnya, tapi ada satu hari dimana PAM mati total sehingga air di kamar mandi pun tak tersisa. Sialnya lagi pagi itu gue sama adik gue yang pinternya ngalahin Patrick the star lagi sakit perut. Dan kami bingung mesti minjem WC siapa gitu sebentar. Tetangga gue pastinya juga sama kasusnya kekurangan air. Akhirnya kita putuskan buat boker di sungai di dekat sawah. It's really the only choice. Shortly, sampai disawah kami berpencar mencari posisi masing-masing. Gak lucu kan kalau kita kami boker bareng sambil ngobrolin gosip seputar selebriti yang pasti berakhir dengan ngobrolin kualitas boker masing-masing. Well, gue punya tempat favorit dari kecil. Ada aliran sungai kecil di dekat gubug kakek gue. Airnya tidak deras tapi suka aja disana karena sungainya tidak terlalu besar dan memang cukup buat satu orang saja. Ternyata tempatnya tidak berubah, masih sama seperti dulu. Tapi....udah gede gini agak risih sih gak kayak dulu masih rela naked-naked keliling sungai nangkepin udang. Sayangnya sakit perut gue mengalahkan segalanya. Besides ini udah jam 10 pagi, petani mah banyak yang udah istirahat pulang jam segini. So, masa bodo ah.

O.K gue tidak akan menceritakan kegiatan selanjutnya karena sifatnya confidential. 10 menit kemudian gue sudah berjalan di pematang sawah menuju parkiran. Kebetulan si sotoy juga udah selesai. Tapi....ada yang menganggu pikiran gue. Sepertinya ada yang berubah dari tempat ini. Ah...ternyata tanah di depan sudah menjadi bangunan. Jangan sampai dah bangunannya mundur terus kebelakang. Gue masih cinta sama sawah ini. Nah saat itu gue baru nyadar kalau aliran sungai kecil ini semestinya berakhir di sungai di depan yang lebih besar. Tapi di depan kan udah ada bangunan. Trus......kemana aliran ini berakhir?

Smart Boy : Gila gue mencret-mencret nok.
Gue : Gak usah dibanggain yah mas.
Eh lu tau gak aliran sungai ini berakhir dimana?
Smart Boy : Lah kan disono biasanya.
Gue : Tapi kan udah ada bangunan di tempat dulunya airnya berakhir.
Smart Boy : Oh iya yah. Lagian penting amet yah?
Gue : Penting lah
Smart Boy : Pentingnya dimana?
Gue : Penting karena gue mau tau bokeran gue berakhir dimana.
Smart Boy : Waduh.........jangan-jangan itu mengambang dan nyangkut dimana gitu trus lu tersangka dah.
Gue : Makanya bantuin gue menelusurinya.
Smart Boy : Jadi kita sedang melakukan investigasi kuning-kuning neh ceritanya. Wah gue mestinya pakai seragam dan senjata neh.

Dan begitulah gue plus adik gue coba menelusuri sungai ini sampai akhirnya sungai ini berbelok ke kanan and that's the end. Gue cuma bengong liatnya. Sungai kecil ini ga dibikinin aliran baru, cuma dibelokkan ke tanah persawahan. Dan sawah itu punya kakek gue yang lagi ditanami padi.

Smart Boy : Busyet......air sungainya dipakai ngairin padi.....sawahnya kakek neh. Wah.....berarti gak perlu pakai pupuk urea lagi udah langsung elu pupukin. Pasti sedap dah nasinya wkwkkwkwkwkw.........
Gue : Pokoknya panen kali ini harus dijual, gak usah dipakai di rumah.
Smart Boy : Jangannn......kata orang yang natural itu lebih nikmat dan sedap. Dengan begini lu sudah ngebantu pertanian yang go green jadi go yellow...hi...hi......sini..sini gue bantu cariin bekas-bekasnya nyangkut dimana.
Gue : Issshhhhhh...............

Dan gue trauma boker di sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar