Maret 21, 2011

Expired Cake

Hmmmmmm.....bangun pagi-pagi enaknya ngeteh or ngopi ditemani kue (kue apapun jadi yang penting gratis). Gara-gara menerapkan prinsip gratis ini gw jadi sering kena batunya. Kayak pagi ini, gw nyomot kue bolu di kulkas. Meskipun sudah agak keras karena membeku but it's okelah yang penting ada temen teh manis. Setelah dimakan rasanya jadi agak beda, lebih kriuk-kriuk dan asem gak jelas. Kriuk-kriuknya seh no problem buat gw tapi asem tengik ini sepertinya familiar. Sambil ngunyah kue garing itu gw liatin dengan teliti bolu ganti rasa itu and OMG pantat bolunya banyak panunya alias jamur alias fungi, pantes dah rasanya tengik. Setelah diingat-ingat kapan gw beli ini bolu, ternyata ….......gw belinya awal bulan lalu (T_T). Biasanya kalau beli kue begini and diketahui khalayak ramai di rumah, pasti langsung habis. Tapi waktu itu banyak kawinan, so qta banyak kebagian kue-kue yang lebih enak, makanya kue yang gw beli disimpen dulu buat persiapan musim paceklik.
Karena parno sendiri, takut mati mendadak (maklum....maseh pengen kawin and ngelunasin kreditan panci), langsung gw minum kopi segelas dilanjutkan dengan minum air 2 gelas trus lompat-lompat sambil goyang-goyangin perut kliling rumah and langsung ke kebon metik kelapa buat diminum airnya. Endingnya, gw kayak manusia berbadan galon air. Jadi menyesal dulu pas pelajaran Biologi selalu tidur di kelas. Tapi dipikir-pikir, ini bukan kali pertama gw makan makanan expired. Dulu waktu masih kerja sama Mr. Boss sarap,lebih biadab lagi makanan yang dia berikan.
Kira-kira setaon yang lalu neh, gw kerja ama bule sarap yang waktu kecilnya biasa makan jagung rebus doang. Nah pas udah tajir jadinya komplikasi antara belagu, sotoy, pelit, and sakit jiwa. Pelitnya itu kadang-kadang bikin merana karyawan karena terkamuflase dengan sifat loyalnya. Waktu itu si Mr. Sarap pernah dateng pagi-pagi bawa sekotak donat merek terkenal yang sekotaknya lumayan harganya. Nah dia taruh ntu donat di meja gw trus bilang biar dibagi-bagi ke temen-temen yang laen. Wah......langsung gw bilang, “You are such an angel”. Kalau tau endingnya, gw gak bakal bilang itu pujian. Ceritanya gw bagi-bagiin ntu donat ke semua karyawan, lumayan buat breakfast kami sebelum dikasi kerjaan gak jelas sama mister ini. Waktu gw gigit doanatnya sih agak keras tapi rasanya masih enak cuma tekstrunya aja jadi harder. Mungkin si mister sarap ini belinya kemaren. Trus temen bule gw datang nyomot satu donat and dia komen:

Bule : kok keras yah donatnya
Gw : Iya, mungkin kemarin dibelinya tapi as long as it's free'
Bule : That's right (ketahuan kan kagak semua bule tajir, banyak kok yang pelit and miskin)
Gw : Tumben yah si Mister baek. Pasti kemaren dapet selingkuhan baru
Bule : Could be. Ato mungkin dia habis ngegadein mobilnya, kan dia gak bawa mobil pagi ini.
Gw : Wah......separah itu bos qta? Demi sekotak donat buat karyawan setianya dia rela ngegadein mobil mewahnya

Nah.....pas ngobrolin si bos, lewatlah OB kantor. Langsung aja gw tawarin donatnya.

Gw : Pak, donat ney. Lumayan...gratis
OB : Gak ah, itu kan donat lama
Gw : Iyah pak, paling juga dia belinya kemaren (jadi mikir ini OB kok sok tajir amir padahal biasa juga makan roti seribuan)
OB : Ih, sapa bilang mbak. Itu kan dibeli 2 minggu yang lalu
Gw : (bengong)--------------------------------- Pak,meskipun bos qta emang sarap nyebelin tapi jangan difitnah gtu dong. (masih tetep makan donat)
OB : Sapa yang fitnah mbak orang saya yang beresin kreseknya trus di dalemnya saya nemu struk pembeliannya tertanggal 2 minggu yang lalu.

Karena si bule ini agak ngerti bahasa, jadi dia memandang gw dengan tatapan penuh tanda tanya. Nah gw balas dah dengan tatapan penuh tanda seru. Dia pikir gw tau apa itu donat dari zaman 2 minggu yang lalu trus berusaha meracuni dia dengan ikut menawarkan. Lu sendiri seh salah milih tempat kerja , jangan salahin gw dong. Asli qt berdua langsung buang itu donat and kabur ke dapur. Setelah sejam nothing happened to us, artinya cacing kami menang melawan kejahatan. Tapi tetep gw tawarin donat itu ke orang-orang yang dateng sampai isinya habis, yah...itung-itung kalau celaka gak sendiri, jadi biar si boss yang tanggung jawab. Kali-kali dikasi kompensasi (ngarep sama orang yang salah).
3 mingguan setelahnya, gw udah lupa kejadian donat maksiat itu. Maklum, terlalu banyak kerjaan silly yang gw kerjain, misalnya berdebat masalah areal parkir sama orang-orang yang parkir sembarangan, mengadakan percobaan berkali-kali untuk mendapatkan campuran kopi yang pas buat si bos sarap (efeknya perut gw kembung 'coz minum kopi terus hasil penelitian gw), sampai menyelidiki siapa yang boker sembarangan di toilet. Herannya semua kerjaan itu gak sesuai dengan jabatan yang gw pegang sebagai sekretaris. Ada yah kerjaan kayak gtu? Nah ceritanya, suatu siang si Mister Sarap datang ke kantor bawa bungkusan. Isinya ternyata pie buah. Buanyak loh...... Dia bagiin satu-satu kesemua orang. Gw seh gak begitu berselera 'coz gw gak begitu suka sama pie buah. Disamping itu animal instinct gw udah berbunyi alarmnya, jadi musti waspada gtu. Lagi sibuk-sibuknya kerja si mister datang ke meja gw buat nuker pie lemon gw dengan pie apel. Katanya seh gw pasti gak suka pie lemon (berasa kayak bapak gw aja tau segala kesukaan gw, padahal bapak gw gak tau kalau gw suka makanan expired). Gw seh manggut-manggut aja. Ntarnya, temen gw balik dari lunch and ngeliat ada pie dia langsung panik and histeris 'coz gak kebagian. Yah...gw kasi bagian gw tapi dia suruh berbagi lah. Niatnya gw mo ambilin piring and sendok. Nah pas mau jalan ke dapur, dibelakang gw liat para pria sedang berembug serius, kayaknya masalah kerjaan. Lalu gw bagi and serahin itu kue ke temen gw. Nah pas dia mau makan, tiba-tiba salah satu pria di belakang tereak 'STOPPPPPPP!' (gw pikir ada tilang mendadak gtu di kantor)

Cowo : Jangan dimakan gih (histeris and serius)
Cewe : Knapa?
Cowo : Coba lu cek dulu kuenya, ada jamurnya ga?
Cewe : masa seh?
Cowo : Iya aku ma yang laennya tadi dapet yang jamuran udah banyak banget
Cewe : Haduh........kok bisa?
Cowo : Kayaknya ini pie lama deh
Cewe : Gak jadi dah gw makan. Say, buat lu aja deh (licik kali ini anak. Temen ato musuh sih)
Gw : Udah......gw gak doyan pie and makanan laen dari si mister sarap. Kan lu tau endingnya kayak gini

Yah...untung banget gw percaya hati nurani gw, jadi tidak terjerumus untuk kedua kalinya. Karena kejadian ini gw dapat beberapa fakta atas orang-orang di kantor:
1. Tidak semua teman adalah manusia
2. Kumpulan pria serius dibelakang ternyata suka ngegosipin boss mereka. Buktinya tadi mereka rembug serius buat mendiskusikan topic 'antara aku, bosku dan pie jamuran'
3. Bos gw bukan orang sarap tapi orang sadis yang suka meracuni karyawannya. Kalau tidak, ngapain juga dia bawa kue dari jaman Paleolithikum yang sudah dupenuhi berbagai jenis jamur dari barbagai zaman
4. Boss gw adalah kolektor sejati. Gw jamin di rumahnya ada banyak koleksi makanan expired yang memang sengaja dia simpan buat kami. Mestinya dilaporin ke MURI.
5. Boss gw punya 'kepelitan' 7 orang dalam dirinya. Kalau dia beli makanan and gak habis dalam 7 hari, maka dia bagi-bagi itu makanan ke kantor. Mungkin motto hidupnya 'tidak boleh membuang makanan'. Nah...gw tambahin ending motto itu ,''Tidak boleh membuang makanan busuk, jadi bagikanlah ke bawahanmu'

O.K, 5 fakta mendasar yang membuat gw semakin hari semakin aware sama si mister. Tengalnya, dia datangi semua karyawannya and nanya,”How's the pie? Good?”
Beh......sebenarnya semua pengen jawab sadis macam, “Good. Now we know that you like collecting rubbish in your house. In which forest are you living now?” Tapi kami malas berdebat dengan orang sarap, takutnya kami ikutan sarap. Jadi kami cuma manggut-manggut nelangsa gtu sambil nyembunyiin tong sampah yang penuh pie di bawah meja. Pas mau pulang, gw sempet liat si bule kere makan salah satu pie dengan riang gembira tanpa ada rasa bersalah. Halah...ini bule bener-bener kere yah sampai sebegitunya. Tapi gw gak mau merusak kebahagiannya, jadi gw tinggal pulang saja tanpa ngasi warning apa-apa, paling juga kena diare gak jelas akibat menjamurnya jamur di ususnya.

1 komentar: