Maret 16, 2011

When Smart Boy Speaks English

Di zaman serba modern dan canggih ini, bahasa Inggris bukan bahasa bangsa Krypton lagi. Hampir semua orang bisa atau paham bahasa International ini meski kadang ngaco-ngaco dikit. Secara gitu, dari interrnet, makanan, lagu, semua ada campuran bahasa Inggrisnya. So, let say everbody knows and can speak English tanpa perlu nyari jurusan Sastra Inggris (jadi gw agak nyesel-nyesel gtu nyari jurusan ini. Susah-susah dulu, sekarang tukang kayu pun bisa speak-speak bombay with English). Gw sering denger pedagang acung nawar-nawarin dagangannya ke para bule dengan bahasa Inggris ala mereka yang agak-agak bikin gw setres dengernya, tapi bahasa Inggris adek gw, si smart boy, lebih bikin setres saking ngaconya. Di ijazah sih dia dapat nilai 8 untuk mata pelajaran bahasa Inggris, tapi prakteknya …................................

Kapan hari gtu dia cerita pergi ke pantai nan indah berpasir putih dikelilingi karang bareng cewenya. Mereka berenang-renang ala pelem India gtu sambil nontonin para bule surfing. Nah....tiba-tiba ada satu bule nyumprit dari papan surfingnya dan jiwa kemanusiaan si smart boy langsung menyeretnya untuk menghampiri si bule dan bertanya, “You no what-what, Sir?” (Dalam kasus ini Smart Boy menerjemahkan kalimat “Anda tidak apa-apa” kata per kata ke bahasa Inggris). Efeknya, si bule planga-plongo kagak ngarti while si smart boy kagak pernah nyadar bahwa dia penyebab bulenya langsung masang muka bego.

Beberapa saat kemudian, si smart boy and cewenya foto-fotoan gitu. Pas mereka mau foto berdua, ada bule cewe lewat yang niat bantuin. Mestinya bule ini pasang 'trouble maker' alarm di badannya biar dia bisa antisipasi atau at least bikin Zone Ekonomi Exclusive 200 meter dari trouble maker yang dia jambangi. Kalau smart boy nekat ketemu bule, bakal terjadi percakapan tulalit macam percakapan antara Superman and anjingnya Mickey, si Pluto; gak nyambung.

Bule : I'll help you to take your picture.”
S.B : (planga-plongo kagak ngarti)
Bule : (nyadar yang diajak bicara kagak ngarti)
:Picture, I'll help you to take your picture.” (sambil masang aksi cekrak...cekrek..pegang kamera)
S.B : (Otak parahnya nangkep ini omongan bule. Cuma nangkepnya ngaco amir)
Do you want meKODAKan, miss?(kalimat ini bikin gw bertapa 2 hari buat tau maksudnya yang tidak lain dan tidak bukan adalah “Elu mau difoto ya?”)
Bule : ????????????? (giliran bulenya yang plango-plongo)
S.B : Kodak...kodak...you know???
Bule : No...no.......you and her there and I (sambil nunjuk kamera yang dipegang smart boy) take it for you.
S.B : Oooohhhhhh....yes..yesss...(kayaknya semua saraf di otaknya baru bangun)
Bule : (selesai cekrak-cekrek iseng ngambil foto si smart boy, dia langsung ngasi kameranya ke smart boy)
S.B : Now you and my girlfriend. (lumayan....lumayan......bahasanya)
Bule : O.K (heran, kok dia mau nurut aja. Gak tau apa ntar bakal kacau harinya bareng nekat boy)

And then setelah sesi foto selesai si bule ngebet banget ngobrol sama si smart boy 'coz dia pikir anak ini bisa bicara bahasa Inggris dengan lumayan, padahalllllllllllll...............

Bule : How long have you been here? (ngomong dengan kecepatan 1000 kbps ala bule)
S.B : (kagak nangkep maksudnya 'coz kecepatan brainnya menangkap maksud pembicaraan dalam bahasa asing adalah 10 kbps.)
Bule : How long have you been here? (tetep nekat dengan pertanyaan dan kecepatan bicara yang sama)
S.B : (paduan antara sotoy, gengsi dan nekat mendorongnya untuk menjawab spontan)
Yes!
Bule : No. I mean here.....how long you here?
S.B : Where are you from? (pertanyaannya apa jawabannya apa)
Bule : I'm from Australia. How long have you been here? (heran.....niat amet ini bule. Cocok dah ketemu smart boy nekat)
S.B : Oh yeah...it's beautiful yeah. (behhhhhhhhhhhhhhh.......otaknya sudah kekurangan asupan oksigen)
Bule : No...no....heere..here...(sambil nunjuk-nunjuk pasir dibawahnya)
S.B : Yes....here is beautiful.
Bule : No...here....how long you here......H – E – R – E!
S.B : Here? Yes....yess....I'm here (sambil nginjak-nginjak pasir meyakinkan si bule bahwa dia disini)
Bule : Oh no (mulai frustasi akut). Are you Balinese?
S.B : Yesssssssssssssss.......that...that....I'm Balinese here.
Cewe : (cewe si smart boy sudah mengalami setres akut coz dia sama sekali gak ngerti obrolan 2 manusia di depannya)
Bule : (nyesel nanya-nanya and berniat gali pasir and ngubur si smart boy)
S.B : Do you like it? (masih pede dan sotoy)
Bule : Yes.......See you then. (akhirnya masa pencerahan sudah muncul di otak bule ini)
S.B : Bahasa Inggrisku lumayan kan?
Cewe : ??????????????????????????????????


Siapapun yang denger cerita ini pasti bakal geleng-geleng badan tapi ngeliat antusias dan kepedean anak ini bercerita ke semua orang bikin gw mengacungi jempol atas kenekatannya. Mungkin dia penganut prinsip 'learning by doing' atau 'practice make perfect'. Tapi sikap sotoy alias sok taunya itu bikin acungan jempol gw berputar kebawah. Kayak kemaren adik gw yang paling kecil melapor telah dizolimi secara tidak berpendidikan sama si smart boy. Itu gara-gara adik gw mau masang filter keran dikamar mandi. Dia baca dulu petunjuknya di balik kemasan yang notabene pake bahasa Inggris. Nah ada tuh tulisan 'wet before you use'. Si adik kecil gw ini bahasa Inggrisnya better than si smart boy. Pas dia ngebasahin filternya, si smart boy ngeliat and tanpa ba..bi..bu...ditempeleng lah adik gw sambil bilang, “Ngapain lu basahin gitu?” Karena sangat tidak terima, adik gw juga ikutan nyolot, “Kan petunjuknya begitu. Wet before you use, basahi sebelum dipake!” Langsung kumat kecerdasan si smart boy, “Sok tau lu! Wet itu kan kering!”
“Basah!”
“Kering!”

Merasa benar dan tidak terima perlakuan si smart boy, mengadulah dia ke gw dan gw cuma bisa bilang, “My brother is extremely smart because in his brain wet is dry.” And............si smart boy cuma bisa cengar-cengir gak mutu. “Karena dia yang salah berarti boleh dong ditempeleng balik?” Tanya adik gw sambil memelas biar gw ijinin. “Jangann......jangan ditempeleng. Itu tidak baik. Geplak aja pake balok kayu yang ada di pojokan sono.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar