Januari 03, 2014

Ngegembel Trip-1

Finallyyyyyy...........kami berangkat ke Singapura. Duh penantian berbulan-bulan akhirnya kesampean juga. Pesawat kami jam 12.55 tapi kami berangkat earlier karena memang sudah tak ada lagi yang bisa dilakukan di rumah. All right sampai di bandara Ngurah Rai trio gembel ini clingak clinguk gak jelas. Beberapa minggu yang lalu APEC diadakan di Bali and pemerintahnya sedikit berbenah termasuk memperbaiki bandaranya mengingat ini adalah bandara internasional. Yah...harapan gue sih bisa saingan sama bandara Incheon di Korea Selatan, cuma ketinggian deh harapan gue kayaknya. Karena bingung dengan perubahan bandara, jadi kami ngikut aja kemana ada rombongan berjalan. Dan sampailah di bagian imigrasi. Gue sih tau kalau orang imigrasi mukanya kecut-kecut gitu meski pada punya tampang, jaga image mungkin. Cuma si kampret adik gue belum tau itu. Pas lagi ngantre buat diperiksa, berdirilah dia di garis pembatas dan alhamdulilah dia kena semprit petugas imigrasi. Akibatnya, dia bakal nungguin petugas itu di parkiran (ngapaen???? Mau maen gundu bareng?).

Di pesawat kami duduk bareng, itu juga untuk mencegah adik gue bertindak aneh-aneh karena gak pernah terbang. Dan kejadian juga kan. Pas waktunya makan, pramugari membagikan makanan dari kursi depan. Tiket kami exclude makanan, jadi kami mesti bayar di tempat jika mau membeli makanan. Nah....karena yang jualankeliling itu adalah si pramugari sipit nan cantik, maka si kampret bersedia membeli apapun dari pramugari itu. Waktu itu gue sama Je masih bingung memilih menu. Sayang banget tidak ada tahu Sumedang, kacang rebus atau Jagung rebus di menu. Biasanya gue selalu cari itu kalau nyebrang ke Banyuwangi. (~_~)
Lagi asyik-asyiknya diskusi menu, si kampret ngambil ancang-ancang mau berdiri sambil pegang dompet. Truzzz...kami berdua cuma bengong.



"Lu mau kemana?" tanya gue.
Dengan semangat 17 Agustus si Kampret menjawab, "Ayo cepat kita pesan makanan sebelum kehabisan."
"Lah......sabar napa. Tunggu dulu.........ini ceritanya lu mau nyamperin pramugari itu buat beli ini itu?"
"Ho'o. Ntar takutnya kehabisan."
"Duile bang.....dia bakal nyamperin kita. Lu pikir dia dagang nasi kucing di emperan toko apa. Lu duduk trus tunggu. Itu aturannya."
"Oh......."
"Oh..apa? Makanya baca dikit-dikit dong. Kalo sampai lu nyamperin itu gerobak makanan, gue gak ngaku kenal dah."
"eits....jangan keras-keras dong, disini banyak orang Indonesia."
"Bodo. Sekalian biar pada tau."

Dan begitulah smart boy dengan first tripnya menggunakan pesawat. Ini juga first flight gue tapi gak bego-bego amet gue.Tapi pas pesawat mau take off ada gitu anak kecil di depan kami yang ngobrol gini ke ortunya pakai Balinese language, "Wah pak enak banget ternyata naik pesawat." Nah...yang itu baru cocok saudaraan sama kampret ini.

Arriving in Changi airport, kami tersesat lagi. Ini bandara luar biasa luas dan menyesatkan. Cuma tetep gue ngincer toilet duluan. No...gue bukan mau ke toiletnya tapi mau cari air minum gratis yang konon katanya ada di dekat toilet. Dan benar kan ketemu. Karena sudah prepare botol minum dari rumah, jadi disana tinggal isi airnya sampai penuh. Kan harga air di Singapura mahal banget besides judul perjalanan kali ini adalah 'Ngegembel Trip'. Setelah muter-muter gak jelas, akhirnya kami bisa menemukan bagian 'custom'. And once again adik gue kena semprit petugas custom berinisial Pak Cik.

Pak Cik: Dimane kau tinggal ini?
S.B : Di sini pak cik, di Penhas Rd.
Pak Cik: Macam mane itu tak lengkap address you
S.B: Awak tak taulah pak Cik. Awak juga bingung.
Pak Cik: Balik you. Itu address harus lengkap dengan number dan lainnya.
S.B: Ya lah..ya lah.....aku lagi...aku lagi...kena....

Mukanya emang muka apes. Gue ama Je sih belum dipanggil, jadi anggep ngurbanin dia. Ya udin kita ngemper buat browsing alamat hostel kami biar bisa melengkapi lembar yang mesti diserahin di Imigrasi gitu.
Lewat dari jerat Imigrasi kami udah kayak anak hilang di tengah bandara nan luas. Dan setelah ngesot-ngesot cari kereta bawah tanah alias MRT (ini yang paling murah) plus cari tahu tempat beli kartunya (STP card), ditambah merana masuk angin (penyakit gembel banget) lalu ngesot-ngesot mencari hostel tempat menginap, akhirnya sampailah kami di depan hostel. Foto-foto dulu dong pastinya. Pas mau masuk, gue langsung diam. Kok didalamnya ada bakery shop dengan hamparan kue yang menyulut ileran gue muncrat. Apa mesti melewati bakery shop dulu untuk sampai di resepsionis? Kami cek sekali lagi signboard segede gaban diatas kami, and it's right the hostel tapi pintuny mana???? Di sebelah bakery shop itu ada blackboard kecil yang bertuliskan 'Welcome to Gusti B&B'. Lah ini kita disambut tapi masuknya lewat mana. Disebelah papan ini ada pintu kecil, seukuran pintu kamar gue dah. Ada tulisan untuk pemesanan kamar dan bla..bla...hubungi bla..bla...bla... Lah ini dah tempatnya, tapi kok kecil amet pintunya. Imaginasi gue ini hostel resepsionisnya kayak di hotel-hotel di Bali gitu, baru masuk halaman udah nemu front office gitu. Oke, kebanyakan menghayal, gue coba dorong pintunya and nothing happened. Gue dorong lebih keras lagi plus tarik, tetep no hasil. Trus si Je nyolek gue, "Ini ada belnya, dipencet kale."
Owh....gue emang cocok bersaudara dengan si kampret. Kebayang gitu muka orang-orang yang lewat tadi pas gue berkuat dengan pintunya. Untung tidak diabadikan.

Well, gue coba pencet bell dan ada suara yang keluar dari sebuah mesin dibawah bel tadi. Ahhh....ini yang kayak di pelem-pelem Korea itu, habis pencet bel ditanya mau ngapain dan pintu dibuka dari dalam. Wuihhhh.........gembelnya makin keliatan gue. Tapi yang lebih udik itu si Smart Boy. Di sebelah hostel kan ada minimarket Seven Eleven yang terkenal itu. Wuih...dia nganga gitu di depannya, perasaan gak ada bedanya sama Circle K. Paling ini mini market pernah muncul di film apa gitu. Jauh-jauh cuma buat beli Tao Kae Noi di Seven Eleven (gdubraggg....).

Setelah masuk, singkatnya kami beres-beres dan langsung berangkat ke Merlion karena si Ipunk sudah titip pesan buat ketemuan disana. Berbekal 3 peta yang dicomot di bandara, kami berangkat menggunakan MRT and the journey has been started.
Dan sampailah kita di stasiun MRT Rafles Place. Trus dari stasiun ini kita jalan lagi dikit buat nyampe di Merlion. Cuma setelah jalan 5 menitan kami jadi ragu apa jalannya bener ato nyesat. Dengan kekuatan feeling 'Si Bolang' akhirnya kami sampai di Merlion jam 7 malam. Narsiz bentar pakai kamera trus celingak celinguk cari si Ipunk. Wah yang ini sih kerjaan berat. Pulsanya si Ipunk habis dan gue juga gak bisa nelpon dia coz roaming bokk. Maklum kalau para gembel plesiran semua jadi pelit. Hopeless banget nyari mahluk satu itu malam-malam dikeramaian ini, so we decided duduk bentar sambil nunggu light show jam 7.30. Gila kaki udah berasa dipelintir, pegel banget padahal baru jalan dikit. Tapi....harus tetap semangat.

                                                         Merlion hasil jepretan Ipunk


                                                           Light show

After the water light show, kita udah starving banget. Kayaknya apa aja rela dah kita makan, padahal cemilan udah bawa dan habis pula (dasar perut kuli). Trus adik gue ngebet banget cari es potong dan gue udah gak mau muter-muter gak jelas lagi. Tujuannya satu yaitu makan malam di China town. Dari Merlion ke China Town cuma bentar saja pakai MRT dan sampai disana wah masuklah kami pada moment galau memilih tempat makan. Ini enggak, itu enggak, ini aneh, itu ajaib dan end upnya di sebuah tempat makan yang tidak ramai dan murah pastinya. Dengan santai gue nyerocos mesen makanan di menu paka bahasa Inggris gitu tapi waitress Chinese ini cuma senyum-senyum aneh liatin gue. Dia ngasi kode kalau dia tidak bisa bahasa Inggris (nah loh......) dan cuma bisa Mandarin. Gue jadi manyun akut. Bahasa Mandarin gue cuma sebatas opening songnya Meteor Garden. Gak mungkin gue mesen makanan begini,

"Zhi pa wo zi ji hui ai shang ni
Bu gan rang zi ji kao de tai jin
Pa wo mei shen me neng gou gei ni
Ai ni ye xu yao hen da de yong qi"

Gue emang ga tau artinya tapi menurut feeling gue itu gak ada hubungannya dengan makanan. So......pada akhirnya kami pakai bahasa universal yaitu 'Body Language'. Susah amet yah cari makan padahal duit ada. Well, makanannya tidak spektakuler tapi cukup mengenyangkan. Kami tidak mau cari makanan aneh-aneh dulu. Makanannya paling sweetsour chicken or pork and ramen.

Finish dinner kami langsung balik ke hostel karena udah capek tingkat langit ke 3. Gak niat shopping karena takut ketinggalan kereta yang cuma beroperasi sampai jam 11 malam.

Nyampe di hostel si Ipunk udah mandi. Pokoknya cuma pengen mandi trus minum vitamin and tolak angin trus bobo biar besok bisa fighting lagi. Saat itulah gue baru nyadar kalau kami sekamar dengan cewe Taiwan. Wah......haruskah gue nyanyi Ost nya meteor Garden biar bisa komunikasi? Well, thanks God capek gue mengalahkan kegilaan gue. So, that's the end of the day and get ready for tommorow.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar